Suprima Sumingkir Seseorang yang ingin mencari tahu lebih jauh tentang informasi seputar teknologi

Mengatasi Laptop Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit Menyala

3 min read

Laptop Mati Sendiri ? Begini Cara mengatasinya

Laptop Mati Sendiri. Masalah laptop tiba-tiba mati sendiri merupakan hal yang lumrah dan sering terjadi. Buat sobat nesia juga mengalami masalah tersebut. Simak terus ulasan ini hingga akhir agar masalah di laptop yang mati sendiri bisa segera diatasi.

Memiliki laptop yang tiba-tiba mati sendiri adalah sesuatu kejadian menjengkelkan. Saya sendiri pernah mengalaminya dulu. Disaat laptop digunakan buat menulis tiba-tiba mati. Awalnya saya kira itu adalah hal biasa, akan tetapi lama kelamaan semakin parah. Bahkan baru beberapa menit saya nyalakan laptop mati dengan sendirinya.

Kejadian diatas membuat saya panik, karena laptop saya ini terbilang baru malahan belum ada setahun. Anehnya saat laptop saya mati secara tiba-tiba baterai dalam keadaan penuh. Akhirnya dari sinilah saya mengetahui cara mengatasi laptop mati dari pengalaman saya sendiri. Untuk mempersingkat waktu berikut solusinya.

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Tentunya sebelum mengetahui langkah atau solusi yang tepat untuk mengatasi laptop tiba-tiba mati sendiri adalah dengan mengenali penyebabnya. Untuk itu mari kita kenali terlebih dahulu yang sudah kami ringkas di bawah ini.

1. Laptop Mati Karen Overheat

Penyebab laptop tiba-tiba mati adalah karena overheat atau kepanasan. Di dalam sebuah processor masa kini terdapat sistem mati secara otomatis. Sistem tersebut akan bekerja dengan sendirinya apabila mesin terlalu panas.

Meski begitu kami rasa overheating akan jarang terjadi, karena banyak sekali para pengembang menerapkan sistem terbaru. Dimana overheating akan jarang terjadi, karena sistem pada laptop akan semakin canggih dalam pengelolaan panas. Namun tidak ada salahnya kita berhati-hati. Karena pemakaian berlebih terutama game online yang berat bisa memperpendek umur laptop.

2. Penyebab Laptop Mati Karena RAM Rusak

Terjadinya kerusakan RAM merupakan penyebab laptop mati sendiri paling sering. Bahkan sebelum tiba-tiba mati gejala awal RAM rusak adalah laptop beroprasi dengan sangat lemot. Padahal laptop kita sendiri dirasa jarang memakai aplikasi banyak dan berlebih.

3. Processor Rusak

Masalah selanjutnya yang menjadi penyebab laptop tiba-tiba mati adalah adanya kerusakan pada processor. Seperti yang kita tahu, processor merupakan otak dari sebuah laptop, jadi apabila ada kerusakan pada processor besar kemungkinan laptop akan tiba-tiba mati sendiri setelah beberapa menit.

4. Mainboad Rusak

Hardware penting lainnya yang mejadi penyebab metinya laptop secara tiba-tiba yaitu kerusakan pada mainboard. Biasanya kerusakan pada salah satu hardware ini terjadi karena laptop cukup berumur. Namun penggunaan terlalu lama dan sering bisa menjadi pemicu kerusakan mainboard. Oleh sebab itu pemakaian wajar dan tidak terlalu lama menjadi solusi untuk menambah umur laptop.

5. Kehabisan Sumber Daya

Laptop mati secara tiba-tiba ? bisa jadi adanya masalah pada sumber daya. Bahkan beberapa kasus, terdapat laptop yang tidak bisa hidup tanpa di charge. Ada pula laptop langsung mati ketika proses loading. Biasanya jika terjadi seperti ini silahkan membeli baterai laptop yang baru dan tentunya original.

6. Pasta Kering

Pasta kering pada laptop juga bisa menyebabkan laptop mati dengan sendiri. Sebab ini biasanya terjadi pada laptop yang sudah lama. Dan akibat dari keringnya pasta processor adalah terjadinya panas pada sistem tersebut. Bahkan apabila hal ini di abaikan panas laptop akan menyebar ke komponen penting lainnya. Dan akhirnya laptop anda mengalami mati total.

Cara mengatasi Laptop Mati Sediri

Setelah mengetahui penyebab laptop tiba-tiba mati, berikut solusi yang bisa sobat nesia lakukan apabila memiliki masalah yang sama seperti saya dulu.

1. Cek Sumber Daya

Pada saat laptop saya mati sendiri setelah beberapa menit dinyalakan yaitu dengan membersihkan laptop dari debu. Namun pas saya bongkar ternyata masih bersih dan tidak banyak debu yang menempel. Berikut langkah pertama yang bisa kamu lakukan :

  • Buka penutup laptop dengan melepas semua baud
  • Buka keyboard dan lepas 2 soket yang terhubung pada keyboard
  • Setelah itu lihat, jika mesin kotor bersihkan secara hati-hati
  • Lepas baud baterai kemudian pasang kembali dan pastikan kencang
  • Setelah itu pasang kembali semuanya baik itu soket keyboard atau lainnya

Setelah saya melakukan semua hal di atas, laptop saya kembali normal. Penyebab laptop mati sendiri pada kasus saya ternyata pada baut baterai yang kurang kencang. Sampai sekarang laptop saya tidak pernah mati sendiri dan berjalan normal kembali. Oya laptop saya sendiri menggunakan Asus X441UI.

Namun apabila langkah di atas sudah kamu lakukan dan ternyata laptop ada tetap mati sendiri silahkan dengan mengganti baterai. Tentunya kami sarankan untuk membeli bateri yang original. Baca juga : Cara Menghemat Baterai Android yang Boros

2. Cek Pendingin Laptop

Cara mengatasi laptop tiba-tiba mati sendiri yaitu dengan memastikan sistem pendingin laptop bekerja. Karena buruknya sistem pendingin dapat menyebabkan laptop overheat dan sistem akan merespon panas tersebut yang akhirnya laptop mati dengan sendirinya.

Tentunya solusi permasalahan di atas yaitu dengan mengganti heatsink, thermal paste dan membersihkan kipas laptop. Jika dirasa tidak bisa, mintalah bantuan kepada teknisi perangkat komputer. Ganti juga kipas laptop apabila sudah tidak bekerja dengan maksimal.

3. Mengganti Perangkat yang Baru

Jika dirasa dengan membersihkan laptop tetap tidak bisa, dan tentunya lahkah terakhir untuk mengatasi laptop mati sendiri yaitu dengan mengganti perangkat yang rusak.

Namun jika mainboard yang rusak lebih baik mengganti laptop baru. Karena dengan membeli main board itu sama saja membeli laptop baru dan harganya tidak jauh berbeda.

4. Menginstal Ulang

Instal ulang laptop bisa menjadi solusi laptop mati secara tiba-tiba. Karena kerusakan sistem dapat menimbulkan hal tersebut. Pastikan anda juga menginstal windows original. Sebelum melakukan proses instal ulang sebaiknya sobat nesia melakukan backup data terlebih dahulu.

Penyebab Laptop Berumur Pendek

Setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasi laptop mati sendiri, tidak ada salahnya kita juga mengerti kebiasaan apa saja yang menyebabkan laptop berumur pendek. Untuk mengetahuinya simak ulasan di bawah ini :

1. Charge Laptop di Atas 30 %

Sering mengisi baterai laptop saat masih di atas 30 % ?? mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Karena mengisi daya saat baterai di atas 30 % akan mengurangi daya penyimpanan baterai. Efeknya baterai laptop anda akan cepat rusak.

2. Bermain Laptop di Atas Tempat Tidur

Menggunakan laptop di atas tempat tidur juga membuat umur laptop sobat nesia menjadi pendek. Alasannya adalah tempat yang empuk dan juga halus menyebabkan sirkulasi udara menjadi terhambat. Akhirnya laptop akan oveheating dan dapat menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba. Bahkan jika kebiasaan tersebut terus dilakukan bisa jadi umur laptop kamu semakin pendek.

3. Laptop Kotor

Tahukah kamu laptop kotor menjadikan umur laptop pendek. Oleh sebab itu pastikan sobat nesia membersihkan laptop bagian luar setiap seminggu sekali. Dan bagian dalam laptop selama 3 bulan sekali. Hal itu bertujuan supaya komponen luar dan dalam berjalan dengan maksimal. Baca Juga : Cara mengatasi Lupa Password Laptop

Itulah ulasan dari kami mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop mati sendiri secara tiba-tiba setelah beberapa menit menyala. Semoga ulasan di atas memberikan informasi bermanfaat.

Suprima Sumingkir
Suprima Sumingkir Seseorang yang ingin mencari tahu lebih jauh tentang informasi seputar teknologi