Cara Root Android. Ingin memiliki kontrol 100 % di sistem android ? jika iya sobat nesia wajib melalui proses root di android. Cara root pada sistem android sendiri bisa kamu lakukan dengan beberapa metode. Baik menggunakan Iroot, Kingroot dan masih banyak lainnya aplikasi yang sering digunakan untuk root pada smartphone android.

Salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk root di android adalah dengan menggunakan Kingroot. Beberapa alasannya adalah dari segi kemudahan, interface yang simple dan memiliki ukuran terbilang kecil. Root di android menggunakan Kingroot sendiri menurut kami juga sangat mudah, bahkan bagi sobat nesia yang belum pernah sekalipun dapat melakukannya. Untuk mempersingkat waktu, berikut ulasan lengkapnya :

Cara Root Android Menggunakan Kingroot

Dengan menggunakan Kingroot untuk proses root pada sistem android sobat tentunya membutuhkan koneksi data. Karena kita harus mengunduh terlebih dahulu apk kingroot di https://kingroot.net/. Langkah pertama silahkan akses situs resmi kingroot kemudian unduh untuk versi android. setelah itu ikuti langkah di bawah ini : Baca Juga : Cara Mengubah File PDF ke WORD

  • Setelah proses download selesai silahkan masuk ke pengaturan keamanan dan centang sumber tidak di ketahui. Apabila sumber tidak diketahui tidak di ceklist maka proses instal tidak akan berjalan.
  • Setelah itu buka uduhan apk kingroot dan mulai proses instal
  • Biasanya akan ada notifikasi bahwa proses instal mungkin tidak aman jika sudah yakin sistem android kamu akan di root klik saja tetap lanjutkan
  • Setelah proses instalasi selesai, silahkan buka aplikasi kingroot sobat nesia
  • Kemudian klik coba dan disitu akan ada pemberitahuan smartphone kamu sudah di root atau belum. Jika belum silahkan klik Get Now. Tunggu hingga proses selesai biasanya Hp android sobat nesia akan memuat ulang secara otomatis.

Apabila sudah selesai silahkan download aplikasi di playstore seperti Root Cecker untuk memastikan apakah cara root pada android di atas sudah berhasil atau belum.

Jika sudah mencobat root di android menggunakan kingroot tetap gagal, berarti smartphone kamu tidak bisa di root dengan aplikasi tersebut. Karena memang tidak semua perangkat android bisa di root menggunakan aplikasi kingroot. Terlebih buat samsung dan android versi terbaru lainnya karena sistem terbaru biasanya memiliki keamanan lebih ketat.

Cara Root Android dengan Kingroot di PC

Cara melakukan root di adroid ke dua yaitu dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop. Cara ini bisa kamu lakukan apabila lewat aplikasi android tetap saja gagal. Berikut langkah-langkah melakukan root menggunakan Kingroot di pc :

  • Pastikan baterai smartphone sobat nesia minimal 60 %
  • Setelah itu aktifkan USB Debuging caranya, setting > about ponsel ( tentang perangkat ) > klik berulang kali pada Nomor Versi (1 ) sampai muncul pemberitahuan bahwa mode pengembang sudah aktif
  • Selanjutnya kembali ke pengaturan lagi scroll kebawah klik pilihan pengembang dan aktifkan mode USB Debuging ( 2 )
  • Jangan lupa juga untuk mengaktifkan sumber tidak di kenal seperti di atas menggunakan aplikasi mobile kingroot

Setelah persiapan awal root android selesai anda lakukan, berikut cara root android dengan kingroot di pc :

  • Unduh aplikasi kingroot pada link di atas akan tetapi versi windows
  • Setelah itu instal software kingroot
  • Jika gagal, sebelum melakukan instal silahkan matikan terlebih dahulu anti virus di perangkat komputer atau laptop
  • Setelah berhasil di instal sambungkan HP android sobat nesia dengan laptop
  • Setelah terdeteksi oleh kingroot silahkan klik root dan proses rooting akan berjalan
  • Tinggu hingga ada pemberitahuan root finished, baru hp kamu cabut dari perangkat komputer

Note :

Jika berhasil maka akan ada menu baru di hp android sobat nesia bernama kingo super user

Cara Root Android di PC Menggunakan Iroot

Tidak hanya menggunakan Kingroot, cara lain melakukan root di android yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Iroot. Untuk itu langkah pertama tentunya mengunduh software Iroot for PC di http://www.iroot.com/. Silahkan unduh di situs resmi Iroot dan jangan lupa pilih untuk PC. Setelah pengunduhan telah kamu lakukan silahkan langsung di instal, dan ikuti langkah di bawah ini.

  • Sambungkan perangkat android ke pc
  • Jangan lupa juga untuk centang pada user agreement dan Connect
  • Nah setelah HP terkoneksi dengan Iroot silahkan Klik Root
  • Tunggu hingga proses selesai

Sama seperti saat menggunakan kingroot, nantinya akan ada aplikasi terbaru jika proses root menggunakan iroot berhasil.

Root Android di PC Dengan OneClickRoot

Cara mudah root android selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan sofware OneClickRoot. Silahkan unduh dan instal software tersebut. Setelah berhasil, ikuti langkah di bawah ini :

  • Sambungkan Android ke PC
  • Setelah itu klik root now
  • Namun biasanya terdapat pemberitahuan minimum baterai sebelum di root harus 25%
  • Tunggu hingga proses selesai

Setelah proses rooting selesai silahkan lihat apakah ada apliaksi super user baru dari OneClickRoot atau tidak.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Android

Jika sobat nesia sudah sampai ke pembahasan ini berarti kamu sudah mengetahui cara root di android. Baik menggunakan PC atau tanpa PC. Namun sebelum melakukannya, hal yang perlu di pertimbangkan terlebih dahulu adalah kelebihan dan kekurangan root di android.

Kelebihan :

1. Bisa Menghapus Aplikasi Bawaan

Keuntungan pertama android yang sudah di root adalah dapat menghapus aplikasi bawaan. Tentunya dengan begitu kita bisa menghemat RAM, namun untuk bisa menghapusnya kita memerlukan akses root terlebih dahulu.

2. Mudah Memback Up Data

Buat kamu yang sering melakukan instal ulang atau factory reset tentunya bolak balik menginstal aplikasi idaman. Hal tersebut seringkali membuat kita malas untuk melakukan factory reset, padahal proses tersebut dapat meningkatkan performa android.

Solusinya adalah dengan melakukan Back Up data terlebih dahulu, salah satu aplikasi terbaik untuk itu adalah Titanium Back Up. Akan tetapi agar bisa menggunakan aplikasi ini membutuhkan akses root terlebih dahulu.

3. Mencegah Wakelock

Aplikasi yang terus menerus berjalan di layar belakang dapat menyebabkan wakelock pada smartphone adroid. Hal itu merupakan salah satu penyebab hp android sobat nesia lemot dan terasa berat. cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan aplkasi greenify akan tetapi membutuhkan akses root android terlebih dahulu.

Kekurangan :

1. Garansi Hilang

Apabila HP kamu telah di root berarti kamu telah menghilangkan garansi resmi. Jadi sebaiknya proses root android dilakukan setelah garansi mesin telah berakhir.

2. Tidak Bisa Update Sistem

Smartphone yang sudah di root tidak dapat melakukan update OS melalui HP, tentunya ini akan memakan waku lagi apabila versi OS terbaru telah muncul. Karena kamu harus melakukannya secara manual untuk Upgrade sistem android.

3. Tingkat Keamanan Rapuh

Kerugian melakukan root android terbesar menurut kami adalah masalah keamanan yang rapuh. Oleh karena itu kerugian ini harus kamu pertimbangkan baik-baik sebelum melakukan proses rooting pada android.

Cukup sekian ulasan dari kami mengenai Cara Root Android baik menggunakan PC maupun dengan Aplikasi Kingroot. Semoga ulasan di atas memberikan informasi bermanfaat. Tambahkan juga di kolom komentar apabila teman-teman punya cara root android yang lebih mudah.