cara menghapus Virus di Android

Cara Menghapus Virus Troja, Malware dan Baterai di Android

Cara Menghapus Virus di android bisa anda lakukan dengan dua cara. Pertama menghilangkan virus dengan bantuan aplikasi. Metode kedua membuang virus di HP android yaitu dengan melakukan reset ulang atau hard reset serta safe mode. Semua cara tersebut bisa menghilangkan virus di Perangkat android kita.

Seperti yang kita tahu, adanya virus di dalam perangkat android kita sangat berbahaya. Terlebih virus terbaru yaitu malware dimana virus tersebut bisa mencuri semua data di dalam smartphone kita. Selebum mengetahui cara menghilangkan virus di android berikut jenis virus pada Android.

Jenis Virus Android

1. Shedun, Shuanet dan Shifty Bug

Virus pertama dan paling berbahaya bagi android adalah ketiga jenis virus malware di atas. Dimana sekali perangkat kita terjangkit perangkat android kita tidak bisa digunakan lagi. Tentunya sangat merugikan karena kita harus membeli smartphone baru.

2. Obad.

Sebenarnya nama virus ini sering dikenal dengan nama BackdoorAndroidOS.Obad.a. Cara penyebaran virus ini umumnya melalui aplikasi. Awalnya kita mengunjungi sebuah web dan disurung mengunduh dan menginstal aplikasi nah setelah kedua proses tersebut selesai, mulailah virus masuk ke android kita. Solusinya adalah kita tidak sembarangan mengakses web yang tidak diketahui dan tidak sembarang menginstal aplikasi.

3. Cyber.Police

Jenis virus ketiga pada perangkat android yitu Cyber.police. Smartphone yang terserang virus ini biasanya akan muncul secara terus menerus iklan pop up. Tidak hanya mengganggu beberapa smartphone bahkan susah digunakan akibat pemberitahuan iklan tersebut yang seringkali muncul. Baca juga, cara menghilangkan iklan di android.

4. Virus Engriks

Virus ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan poin nomor 3, dimana tanda-tanda virus ini yaitu adanya iklan di perangkat android. Penyerangan jenis ini lebih sering melalui situs-situs p**n*.

Setelah mengetahui beberapa jenis virus berikut tanda-tanda hp anda terkena virus :

  • Mengirim atau Menerima Pesan Aneh

Ciri-ciri pertama smartphone android terkena virus yaitu mengerim atau menerima virus. Apabila sobat pernah mengalami kejadian tersebut bahkan melakukan panggilan dengan sendirinya, bisa jadi android anda terinfeksi virus malware.

Jika hal di atas diabaikan begitu saja, semua data di hp anda bisa di hack atau diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab. Apabila menerima atau mengirim pesan aneh segera hapus dan konfirmasi kepada layanan operator atau dengan melakukan langkah seperti yang akan kami jelaskan. Ciri lainnya yaitu :

  • Smartphone lemot
  • Baterai boros
  • Kuota cepat habis

Cara Menghapus Virus di Android Via Aplikasi

Cara membuang virus di adroid baik virus trojan, baterai atau jenis virus yang sudah kami sebutkan di atas dapat dilakukan dengan aplikasi anti virus. Namun, banyaknya aplikasi penghilang virus membuat kamu bingung mana anti virus terbaik.

Oleh karena itu, admin akan memberikan solusi buat anda tentang antivirus terbaik menurut detekno.net. Berikut cara menghilangkan virus di android melalui aplikasi.

1. Kaspersky Mobile Antivirus

Aplikasi Kaspersky tidak hanya membuang virus, dia juga dapat melindungi android. Bahkan dengan menggunakan aplikasi di atas kita bisa mengunci aplikasi penting dan juga melacak android apabila HP hilang. Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah dapat digunakan sebagai pelindung informasi data pribadi yang ada pada smartphone.

Cara Membuang Virus Trojan via KMA :

  • Silakan unduh aplikasi Kaspersky Mobile Antivirus
  • Setelah selesai proses di atas langsung saja buka aplikasinya
  • Setelah itu Pilih Anti virus dan mulai proses scan
  • Tunggu hingga proses selesai dan silakan lakukan langkah hingga penghapusan virus trojan, malware dan baterai di android

2. Avast Mobile Security & AntiVirus

Selain sebagai Antivirus Avast juga tidak kalah lengkapnya dengan Kaspersky. Dimana di dalamnya juga terdapat fitur penghapus cache, mempercepat pengisian baterai dan pengunci aplikasi. Bahkan kita bisa menghemat penggunaan data internet dengan memanfaatkan fitur pemantau pemakaian kuota.

Cara Menghilangkan Virus Malware :

  • Buka aplikasi Play Store
  • Ketik di kolom pencarian Avast Mobile Security & Antivirus
  • Setelah itu langsung download dan instal aplikasinya
  • Kemudian buka dan tap scan
  • Apabila proses di atas telah selesai biasanya akan muncul masalah apa saja yang ada di perangkat android sobat
  • Klik resolve untuk menghilangkan semua permasalahan di atas termasuk virus malware, troja dan baterai

Cara Menghapus Virus Tanpa Aplikasi

Setelah mengetahui cara menghilangkan virus di android dengan antivirus, tips kedua yaitu tanpa tambahan aplikasi. Cara ini bisa menjadi solusi buat kamu yang memiliki memori internal penuh. Selain itu, cara ini juga bisa menghapus cache pada perangkat android. Beberapa metode diantaranya, safe mode, reset dan hard reset. Ketiga cara tersebut bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat tentunya. Untuk mengetahui lebih spesifik simak ulasan di bawah ini.

1. Menghapus Virus Via Safe Mode

Solusi pertama menghilangkan virus pada perangkat android yaitu melalui safe mode. Mode ini dapat mendiagnosa permasalahan pada perangkat android. Salah satunya yaitu permasalahan yang timbul akibat virus.

Dengan cara ini kamu bisa menghapus semua virus baik troja, malware bahkan virus pada baterai. Untuk masuk ke safe mode sendiri setiap brand android berbeda. Secara umum masuk safe mode bisa kamu lakukan dengan menekan kombinasi tombol off dan volume. Namun lebih jelasnya anda bisa mencari tutorial safe mode di Google dengan kata kunci ” Safe mode ( tipe android sobat ).

Berikut cara safe mode dengan tombol off dan volume :

  • Matikan smartphone
  • Setelah itu tekan dan tahan kedua tombol di atas beberapa detik
  • Setelah bergetar lepas kedua tombol dan silakan pilih reboot to safe mode
  • Terakhir Klik OK

Apabila langkah di atas berhasil, smartphone akan secara otomatis menyala dan kembali ke pengaturan awal.

2. Reset Ulang

Cara kedua menghapus virus di android yaitu dengan mengembalikan ke pengaturan awal pabrik. Cara ini lebih simple dari poin nomor 1. Berikut caranya :

  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih cadangkan dan reset
  • Kemudian tap kembali ke pengaturan awal
  • Masukan pola dan OK
  • Sebelum melakukan langkah di atas, pastikan kamu sudah membackup data penting terlebih dahulu

Masih berada di pengaturan, cara lain menghilangkan virus yaitu dengan menghapus aplikasi mencurigakan. Berikut caranya :

  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih manager aplikasi
  • Tap Aplikasi terinstal
  • Silakan cari aplikasi mencurigakan ( Aplikasi yang tidak sengaja di instal atau tidak dikenal )
  • Jika ketemu tap aplikasi tersebut dan Copot pemasangan

Lakukan langkah di atas pada semua aplikasi terindikasi virus. Jika cara ini tidak berhasil silakan pilih salah satu cara yang sudah kami jelaskan.

3. Menghilangkan Malware Melalui Hard Reset

Metode menghapus virus tanpa aplikasi selanjutnya yaitu melalui Hard Reset/ Wipe Data. Cara masuknya sama dengan safe mode akan tetapi setelah berhasil masuk silakan pilih Hard Reset / factory reset / wipe data. Tunggu hingga proses tersebut selesai. Jika sudah maka perangkat akan otomatis menyala. Biasanya tahap booting ini akan memakan waktu sedikit lebih lama dari semua cara di atas.

Pastikan sebelum melakukan cara menghilangkan virus tanpa aplikasi sisa baterai smartphone kamu minimal 60%. Gimana detekners sangat mudah bukan cara menghilangkan virus di perangkat android. Sekian ulasan ini semoga memberikan infomrasi bermanfaat.

Leave a Reply