Suprima Sumingkir Seseorang yang ingin mencari tahu lebih jauh tentang informasi seputar teknologi

Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 7, 8 dan 10

4 min read

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot bisa kamu lakukan dengan beberapa tahapan. Sebelum mengetahui solusi dari laptop lemot, sebaiknya kita tahu penyebab lemot pada laptop kita. Beberapa penyebab laptop lemot diantaranya :

  • Usia hardisk terlalu uzur atau kemakan usia
  • Banyaknya program starup
  • Memori penuh
  • Terlalu banyak menggunakan aplikasi secara bersamaan
  • BanyaKnya tab terbuka di browser juga menjadi penyebab laptop lemot
  • RAM kecil
  • Adanya virus
  • Berlebihan dalam menginstal Anti Virus

Itulah beberapa penyebab laptop lemot menurut admin, lantas bagaimana cara mengatasi laptop lemot. Simak terus ulasan ini hingga akhir agar laptop agan kembali ngebut seperti baru lagi. Untuk mempersingkat waktu berikut ulasan lengkapnya :

Tips Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Aplikasi

Cara pertama mengatasi laptop lemot baik di windows 7, 8 dan 10 yaitu tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Dengan cara ini tentunya akan mengurangi beban RAM kita. Dimana RAM yang memiliki beban aplikasi terlalu banyak tentunya akan menyebabkan laptop lola seperti yang sudah kami singgung di atas. Berikut solusi mengatasi laptop lemot tanpa software tambahan.

1. Perawatan Hardware Secara Rutin

Cara pertama mengatasi laptop lemot yaitu dengan melakukan perawatan terhadap hardware secara rutin. Banyak sekali pemilik perangkat komputer atau laptop mengabaikan langkah ini. Padahal lemot tidaknya sebuah laptop bisa dilihat dari seringnya perawatan terhadap hardware penting di dalamnya.

Perawatan yang kami maksud adalah selalu rutin membersihkan komponen-komponen penting di dalamnya. Beberapa diantaranya yaitu rutin membersihkan kipas, mengganti Thermal Paste, dan mother board. Buat agan dan sista tergolong sering membuka laptop, katakan 8 jam setiap harinya, maka sebaiknya pembersihan komponen tersebut maksimal 6 bulan sekali. Membersihkan hardware bisa dilakukan setiap setahun sekali apabila kamu jarang menggunakan laptop.

Itulah cara mengatasi laptop lemot pertama, buat kalian yang seringkali mengalami laptop hang bisa baca ulasan kami sebelumnya tentang cara mengatasi laptop hang.

2. Meningkatkan Kapasitas RAM

Solusi mengatasi laptop lemot selanjutnya yaitu dengan upgrade RAM. Umumnya mereka membeli laptop dengan kapasitas RAM 4GB, bahkan tidak sedikit juga yang masih menggunakan RAM 2GB. Sedangkan kebanyakan software saat ini membutuhkan RAM minimal 8GB. Oleh karena itu meningkatkan kapasitas ram merupakan salah satu cara terbaik mengatasi laptop lemot terlebih buat kamu yang memiliki laptop lebih dari 3 tahun.

3. Uninstal Aplikasi Tidak Terpakai

Solusi ke 3 ini akan sangat cocok buat agan memiliki masalah laptop lemot padahal belum ada 3thn pemakaian. Jalan keluarnya yaitu uninstal aplikasi yang jarang digunakan. Lemotnya laptop juga bisa disebabkan penuhnya Drive C karena terlalu banyak aplikasi terinstal sehingga sistem akan lemot dalam membaca hardisk.

4. Memakai Aplikasi Sesuai Kapasitas RAM

Masih berkaitan dengan poin nomor 2, menginstal aplikasi yang sesuai dengan kapasitas RAM juga bisa menjadi solusi mengatasi laptop lemot. Hal itu disebabkan, aplikasi terlalu besar dan tidak sesuai dengan kapasitas RAM akan membebani kinerja, bahkan membuat laptop sering hang

5. Rutin Full Scan Anti Virus

Banyaknya virus pada laptop membuat sistem operasi didalamnya bekerja ekstra, jika dibiarkan tidak hanya membuat laptop lemot tetapi juga bisa merusak sistem. Oleh karena itu rutinlah melakukan full scan virus menggunakan anti virus terbaik menurut agan. Lakukan secara terjadwal baik itu seminggu sekali atau dua minggu.

Ingin Menghemat Biaya Percekatakan ? Silakan baca cara sharing printer ke laptop lain.

Setelah melakukan Full Scan virus secara berkala dan rutin, hal penting yang harus kamu lakukan adalah mencegah virus masuk ke dalam perangkat komputer kamu. Caranya sebagai berikut :

  • Tidak sembarangan download di internet apalagi situs yang tidak jelas
  • Tidak sembarang menyolokan FD atau USB ke dalam laptop
  • Nonaktifkan autorun
  • Membuat Folder autorun.inf

6. Cara Mengatasi Laptop Lola Dengan Menambahkan Netbook Cooler

Meski terlihat sepele menambahkan pendingin tambahan atau sering disebut dengan netbook cooler dapat mengatasi laptop lemot. Tentunya cara ini bisa kamu lakukan di semua versi, baik windows 7, 8 dan 10. Dengan adanya kipas tambahan dapat mengurangi tingkat suhu pada perangkat saat dinyalakan dalam waktu yang lama. Selain mengatasi lemot netbook cooler juga bisa mencegah overheat.

7. Ganti HDD Ke SSD

Penggunaan Hardisk HDD salah satu penyebab laptop lamban. Karena kecepatan HDD relatif rendah, mengatasi fakta tersebut salah satunya dengan mengganti hadrisk bertipe SSD. Akan tetapi Hardisk SSD mempunyai harga lebih mahal, meski begitu saya rasa akan terbayar dengan kinerja laptop yang semakin top. Sebagai Informasi Berikut kelebihan dan kekurangan HDD dan SSD

Kelebihan HDD :

  • Harga lebih murah dibandingkan dengan SSD
  • Memiliki kapasitas lebih besar dengan harga yang sama dengan SSD

Kekurangan HDD :

  • Lebih bising ketimbang SSD
  • Umur lebih pendek

Kelebihan SSD :

  • Proses Booting lebih cepat
  • Kecepatan Transfer file lebih tinggi
  • Penggunaan listrik lebih hemat
  • Ringan baik dalam multitasking

Kekurangan SSD :

  • Harga lebih mahal

8. Pakai Thermal Paste

Thermal paste berfungsi menstabilkan dan menjaga suhu prosessor supaya tidak overheat. Suhu yang terlalu panas pada otak komputer membuat kinerja laptop lamban.

9. Solusi Laptop Lola Dengan Reset Ulang Windows

Cara Mengatasi Laptop lemot selanjutnya yaitu dengan menginstal ulag windows. Cara ini sangat ampuh dalam meningkatkan kinerja laptop, terlabih pada laptop yang memiliki umur terlalu tua. Tidak hanya hardware sistem operasi didalamnya juga terpengaruhi oleh lamanya pemakaian. Oleh karena itu solusi mengatasi laptop lemot salah satunya dengan instal ulang laptop. Baca juga : Cara aktivasi windows 10

Selain melakukan instal ulang, sebenarnya ada cara lain mengatasi laptop lambat. Solusi tersebut yaitu dengan beralih sistem operasi lain salah satunya linux. Meski memiliki fitur lebih lengkap, ternyata masalah kinerja windows masih kalah ringan dibandingkan dengan linux.

10. Sesuaikan Penggunaan Aplikasi

Menyesuaikan penggunaan aplikasi merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot. Cara ini bisa dilakukan di semua sistem operasi windows, baik windows 7, 8, bahkan 10 sekalipun. Sebagai contoh, sobat detekno sedang bermain game sebisa mungkin tidak membuka aplikasi lain seperti musik atau lainnya. Terlebih buat kamu yang masih menggunakan RAM di bawah 4 GB.

11. Hilangkan Aplikasi Startup Tidak Penting

Mengurangi aplikasi pada proses startup merupakan solusi ampuh mengatasi laptop lemot. Aplikasi ini tidak banyak yang menyadarinya karena kebanyakan aplikasi startup bekerja di belakang saat laptop anda dinyalakan atau diaktifkan. Cara menonaktifkan aplikasi start up sebagai berikut :

  • Tekan secara bersama tombol Windows+R
  • Kemudian ketik msconfig pada kolom pencarian dan Enter
  • Setelah itu silakan nonaktfikan aplikasi startup tidak penting atau jarang digunakan

12. Matikan Visual Effect

Sistem operasi windows memiliki setingan visual efek, semakin banyak yang aktif tentunya semakin cantik tampilan dekstop sobat detekners. Akan tetapi hal tersebut menjadi boomerang buat kita. Semakin banyak visual efek yang aktif maka semakin berat kinerja laptop tersebut. Apalagi laptop dengan RAM kecil. Karena itu, buat kamu yang memiliki masalah laptop lemot silakan matikan beberapa visual efek. Berikut caranya :

  • Buka This PC
  • Klik kanan dan pilih Properties
  • Setelah itu klik Advanced System Setting
  • Pada tab performance klik Setting
  • Silakan matikan semua visual effect yang tidak kamu gunakan pada kolom custom. Agan bisa mengikuti custom admin atau selera anda sendiri.
Cara Mengatasi Laptop Lemot
  • Terakhir jangan lupa klik Apply dan OK

13. Bersihkan Dekstop

Membersihkan dekstop dari aplikasi merupakan langkah tepat mengatasi laptop lemot. Faktor ini tentunya hanya berlaku pada perangkat yang memiliki RAM kecil.

Solusi Laptop Lemot Dengan Aplikasi

Cara kedua mengatasi PC lemot baik di windows 7, 8 dan 10 yaitu dengan memanfaatkan pihak ke tiga. Pihak ketiga di sini tentunya bukan selingkuhan yah heheheh.

Software terbaik menurut admin sebagai solusi laptop lemot yaitu CCleaner.Dengan aplikasi tersebut memungkinkan kita dapat membersihkan file sampah tidak terpakai didalam sistem operasi windows.

Itulah ulasan dari kami tentang Cara Mengatasi Laptop Lemot. Semoga ulasan di atas memberikan informasi bermanfaat. Tambahkan juga di kolom komentar apabila kamu memiliki cara lain lebih ampuh.

suprima
Suprima Sumingkir Seseorang yang ingin mencari tahu lebih jauh tentang informasi seputar teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *